Tips dan Trik Membuat Storytelling Menjadi Viral di Media Sosial Seperti facebook

By On Monday, March 20th, 2017 Categories : Tips dan Trik

Sebelum membahas tips dan trik membuat storytelling, alangkah lebih baiknya jika anda tahu terlebih dahulu apa itu storytelling.

Jadi, storytelling memiliki arti  cara yang digunakan untuk menyampaikan sebuah cerita kepada para penyimak dengan bentuk kata, foto, gambar maupun suara. Agar tulisan storytelling menjadi viral, ada beberapa tips dan trik yang perlu anda perhatikan:

  • Tentukan pemeran utama

Dalam sebuah cerita pasti ada pemeran utama yang menjadi tokoh utama, maka dari itu anda harus menentukan siapakah pemeran utama dari storytelling yang akan anda buat. Pemeran utama ini bisa anda sendiri atau orang lain tergantung storytelling apa yang akan anda buat. Pemeran utama yang anda pilih bisa menggunakan ciri – ciri seperti fisik, usia, jenis kelamin maupun profesi yang sedang dijalaninya.

  • Tahu tujuan dari pemeran utama

Anda harus mengetahui tujuan utama dari seorang pemeran utama yang menjadikan gamabran besar dari sebuah storytelling. Untuk menjadikan ya menarik, maka buat tujuan utama dari si pemeran utama ini haruslah sepsifikasi janganlah luas. Berikut ini contoh maksud makna spesifikasi dan luas yang di maksud :

Tujuan Spesifikasi Tujuan Luas
Menjadi Atlit lari Menjadi atlit
Menajdi guru bahasa Indonesia Menjadi seorang guru
  • Identifikasi resiko

Identifikasi resiko ini sangat penting, karena ketika si pemeran utama ini mengalami gagal dalam tujuan utamanya,  para pembaca akan lebih perduli pada pemeran utama ini. Jadi sangat di perlukan identifikasi resiko guna mengetahui kondisi dari pemeran utama ketika gagal.

  • Buat rintangan

Rintangan menjadikan sebuah storytelling semakin menarik, aplaagi ketika si pemeran utama gagal mencapai sebuah tujuan. Pilihlah rintangan yang semakin besar jika tujuan dari pemeran utama semakin besar pula, karena jika kedua hal besar ini saling bertabrakan akan menciptakan konflik yang hebat.

Rintangan yang anda buat bisa berasal dari  faktor  internal (diri si pemeran utama) atau dari faktor eksternal ( luar diri pemeran utama).Contoh faktor internal seperti  kurang percaya diri, tidak yakin, sedangkan contoh faktor eksternal adalah ditentang orang tua. Pastinya dengan kondisi ini, pemeran utama harus menghadapinya dengan membuat solusi terhadap semua rintangan yang dihadapinya.

  • Tulis ending

Ending dari sebuah cerita pastilah ada, tapi bisa jadi happy ending yang berakhir bahagia atau  sad ending yang berakhir sedih. Jika anda memilih happy ending, maka si pemeran utama berhasil mencapai tujuan utamanya, tetapi jika sad ending, maka si pemeran utama gagal merealisasikan tujuannya tersebut.

Sebaiknya, storytelling yang anda buat dapat memberikan pengalaman emosional yang kuat dan baik kepada para pembaca, apalagi storytelling tersebut dapat menjadikan sebuah inspirasi kepada para pembaca, hal ini akan semakin menarik bukan?

Untuk membuat storytelling ini memang gampang – gampang susah,  apalagi bagi para penulis pemula yang tak paham bagaimana menulis yang apik, jadi  jangan bosan – bosan untuk selalu belajar menulis storytelling.

Jika storytelling anda menarik, bisa jadi tulisan anda akan menjadi viral dengan sangat cepat di sosial media, tapi jika masih belum menarik para pembaca, maka belajarlah terus dengan sering – sering membaca dan menulis.

Jika storytelling yang anda buat sudah selsai, jangan lupa lakukan share ke sosial media lainnya seperti facebook agar para calon pembaca tahu storytelling yang anda buat dan lebih viral.

Tips dan Trik Membuat Storytelling Menjadi Viral di Media Sosial Seperti facebook | ituseo | 4.5