Tanaman Obat Herbal : Daun Bayam Duri

By On Wednesday, May 1st, 2019 Categories : Biologi

Tanaman Obat Herbal : Daun Bayam Duri – Bayam duri (amaranthus spinousus) termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman amaranth.

Tumbuhan ini memiliki batang lunak atau basah, tingginya mencapai ketinggian 1 meter. Bagi orang awam, sebagai tanda khas dari tumbuhan bayam duri ini adalah pada pohon batang, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat beberapa duri, sehingga orang akan mudah mengenalnya sebagai bayam duri.

Bentuk daunnya menyerupai belahan ketupat dan berwarna hijau muda. Bunganya berbentuk bunga bongkol, berwarna hijau muda atau kuning. Bayam duri mampu tumbuh subur secara liar di pekarangan rumah, ladang atau di jalan – jalan kampung atau di tempat – tempat yang cukup mendapat sinar matahari dengan suhu udara antara 25 – 35 celcius.

Baca Juga : Pengertian Aurora

Bayam duri bermanfaat sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit ringan. Manfaat ini didapat karena kandungan kimia yang terdapat di dalam bayam duri cukup besar seperti amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, garam fosfat, zat besi, serta vitamin (A, C, K dan piridoksin atau B6).

Manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional Beserta Cara Penggunaannya

Bayam duri berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan bayam duri diantaranya adalah : kencing nanah, kencing tidak lancar, bronkhitis, memperlancar produksi ASI, penambah darah, eksim, bisul, dan demam. Adapun cara penggunaanya bisa anda simak di bawah ini :

Mengatasi kencing tidak lancar / anyang – anyangan

Bahan membuat : 1 potong akar (dengan bonggolnya) dari bayam duri. Cara membuat : direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas saja. Cara menggunakan : diminum sekaligus sekali sehari selama anda sakit. Bila dibutuhkan anda tambahkan porsi minum menjadi dua / tiga kali dalam sehari.

Bayam duri untuk mengatasi demam

Bahan yang disiapkan : 2 genggam daun dan batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung.
Cara membuat : bayam duri ditumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air bersih dan telur ayam kampung, campur hingga membentuk larutan, selanjutnya, cara menggunakan : tempelkan di dahi sebagai kompres.

Gangguan pe rnapasan dan bronchitis

Untuk mengatasi masalah gangguan pernapasan, anda bisa membuat ramuan tradisional dengan memanfaatkan tanaman obat herbal daun bayam duri :

Bahan : batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya dicuci bersih.
Cara membuat, ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring.
Cara menggunakan, diminum pagi dan sore selama anda sakit.

Membantu mempercepat produksi ASI

Produksi ASI yang kurang atau telat merupakan kondisi buruk yang biasanya terjadi kepada ibu –  ibu yang pertama kali melahirkan bayi, namun yang sudah pernah pun bisa dengan mudah terserang kondisi buruk ini, apabila terjadi maka cobalah ambil batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya yang sudah dicuci bersih, kemudian ditumbuk sampai halus. Cara menggunakannya adalah cukup dioleskan / diborehkan di seputar payudara ibu.

Bayam duri untuk penambah darah / mengatasi anemia

Untuk mencegah anemia, silahkan pilih kedua cara di bawah ini ! Bahan – bahan : 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung. Cara membuat : daun bayam ditumbuk halus setelah dicuci bersih, kemudian ditambah 1 gelas air dan diperas / disaring, tambahkan telur ayam kampung ke dalamnya lalu diaduk – aduk sampai merata. Cara menggunakan : diminum (untuk orang dewasa 1 minggu sekali).

Cara selanjutnya adalah sediakan bahan – bahan seperti 1 genggam daun dan batang bayam duri dan 1 sendok makan madu. Cara membuat : daun dan batang bayam dicuci bersih lalu ditumbuk halus dan diambil airnya saja, kemudian ditambahkan madu, selanjutnya diaduk rata. Cara menggunakan : diminum biasa ( untuk bayi) seminggu sekali.

Setelah anda tahu akan khasiat dan manfaat dari bayam duri untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit ringan, tak ada salahnya kalau mulai dari sekarang anda masukkan bayam duri ke dapur apotik hidup di pekarangan rumah anda.

Baca Juga : Kebutuhan Sekunder

Tanaman Obat Herbal : Daun Bayam Duri | ituseo | 4.5