Step By Step Membuat Sitemap Di Blog

By On Wednesday, August 17th, 2016 Categories : Blogging

Step By Step Membuat Sitemap Di Blog – Membuat Sitemap atau Daftar Isi dalam blog merupakan salah satu hal yang dianggap penting dalam dunia blogging. Dalam membuat Sitemap, Anda bisa melakukannya secara otomatis dan juga manual, tergantung keinginan.

running

Beberapa blogger membuat Sitemap secara otomatis dan beberapa diantaranya melakukan hal tersebut secara manual dengan alasan yang berbeda-beda. Beberapa blogger yang memilih cara otomatis menilai bahwa pembuatannya terbilang mudah dan praktis.

Namun bagi blogger yang membuat Sitemap secara manual menganggap bahwa pembuatan Sitemap secara manual jauh lebih ringan dan tidak membutuhkan JavaScript dalam pembuatannya. Menurut sebagian blogger, penggunaan JavaScript dinilai akan memberatkan situs tersebut pada saat dibuka.

Membuat Sitemap otomatis

Cara membuat Sitemap secara otomatis yaitu dengan mengunjungi Blogger, masuk ke menu Laman, pilih Laman Baru, tuliskan Judul, pindah ke mode HTML, copy paste script Sitemap otomatis dan Publikasi. Membuat Sitemap secara otomatis membutuhkan JavaScript sehingga cenderung akan memberatkan Browser yang dipakai pengunjung untuk memproses halaman blog yang Anda miliki.

Selain itu, harus diketahui pula bahwa hal ini akan berdampak buruk jika Browser yang digunakan pengunjung tidak support dengan JavaScript. Otomatis hal tersebut akan membuat Sitemap atau Daftar Isi yang Anda buat tidak akan terlihat di halaman Browser pengunjung itu sendiri.

Membuat Sitemap manual

Membuat Sitemap manual lebih sulit dari pembuatan Sitemap otomatis, namun kegunaannya jauh lebih fleksibel dari segi performa blog yang Anda miliki. Berikut ini step by step pembuatan Sitemap manual yang harus Anda lakukan, yaitu:

  1. Masuk ke Blogger, pilih Laman dan klik Laman Baru.
  2. Beri judul yang diinginkan misalnya “Daftar Isi”.
  3. Ubah mode HTML dan copy paste script di bawah ini.

<p><a href=”/search/label/Judul Label”>Judul Label</a></p><ol><li><a href=”Alamat Blog”>Judul Blog</a></li><li><a href=”Alamat Blog”>Judul Blog</a></li></ol>

Untuk script Judul Label, Alamat Blog dan Judul Blog bisa disesuaikan dengan Judul Label, Alamat Blog dan Judul Blog yang Anda miliki.

Bila Anda ingin mengedit desain tampilan “Daftar Isi” menjadi lebih menarik dengan warna merah misalnya, Anda bisa menambahkan script di bawah ini.

<span style=”color: red;”>Judul Label</span>

Setelah semua selesai disetting sesuai keinginan, silahkan simpan settingan dan lihat hasilnya.

Itulah step by step membuat Sitemap secara otomatis dan juga manual yang bisa Anda lakukan untuk menambah tampilan Daftar Isi pada blog yang Anda kelola supaya susunan daftar isi menjadi lebih rapi dan tertata.

Bagaimana? Rasanya cukup mudah bukan membuat Sitemap susunan Daftar Isi pada blog yang Anda punya? Apapun cara yang Anda lakukan, baik secara otomatis maupun manual, sesuaikanlah dengan keinginan dan kebutuhan Anda karena masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online Dengan Mudah Dan Cepat

Step By Step Membuat Sitemap Di Blog | ituseo | 4.5