Sifat dan Ciri-Ciri Hukum

By On Wednesday, April 10th, 2019 Categories : Lainnya

Sifat dan Ciri-Ciri HukumHukum adalah sistem mengenai aturan-aturan yang dibuat dan ditegakkan melalui lembaga sosial atau pemerintah untuk mengatur perilaku.

Hukum mengatur dan memastikan bahwa individu atau komunitas mematuhi kehendak negara. Undang-undang yang diberlakukan oleh negara dapat dibuat oleh legislatif kolektif atau legislator tunggal yang menghasilkan undang-undang setelah diputuskan oleh eksekutif, atau dibentuk oleh hakim melalui preseden, biasanya ditemukan dalam yurisdiksi hukum umum. Individu pribadi dapat membuat kontrak yang mengikat secara hukum, termasuk perjanjian arbitrase.

Pembentukan undang-undang itu sendiri dipengaruhi oleh konstitusi, tertulis atau diam-diam, dan hak-hak yang disandikan di dalamnya. Hukum membentuk politik, ekonomi, sejarah dan masyarakat dengan berbagai cara dan berfungsi sebagai mediator hubungan di antara masyarakat.

Hukum mempunyai sifat yang diakui secara universal seperti ketertiban, ketenteraman, kedamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan dalam tata kehidupan bermasyarakat.

Dengan keberadaan hokum, setiap perkara dapat diselesaikan melaui proses pengadilan dengan perantara hakim berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku. Hukum juga bertujuan untuk menjaga dan mencegah setiap orang agar tidak dapat hakim atas dirinya sendiri.

Untuk lebih memahami hukum berikut ini dijabarkan ciri-ciri hukum. Ciri-ciri hukum antara lain:

  1. Berupa peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat;
  2. Diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib;
  3. Peraturan itu bersifat memaksa;
  4. Sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut tegas;
  5. Berisi perintah dan atau larangan; dan
  6. Perintah dan larangan dalam hukum harus dipatuhi oleh setiap orang.

Sementara, berikut ini merupakan sifat dari hukum:

  • Bersifat Mengatur

Hukum dikatakan memiliki sifat mengatur karena hukum memuat berbagai peraturan baik dalam bentuk perintah maupun larangan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat demi terciptanya masyarakat yang tertib.

  • Bersifat Memaksa

Hukum bersifat memaksa karena hukum memiliki kemampuan dan kewenangan untuk memaksa anggota masyarakat mematuhi hukum. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan sanksi yang tegas terhadap pelanggar hukum.

  • Bersifat Melindungi

Hukum dikatakan memiliki sifat melindungi karena hukum dibentuk untuk melindungi hak setiap orang serta menjaga keseimbangan yang serasi antara berbagai kepentingan yang ada dalam masyarakat.

Sifat dan Ciri-Ciri Hukum | ituseo | 4.5