Proses Terjadinya Gerhana Bulan

By On Monday, April 1st, 2019 Categories : Astronomi

Proses Terjadinya Gerhana Bulan – Selamat malam kali ini kita akan membahas mengenai proses terjadinya gerhana bulan , gerhana bulan adalah fenomena dimana jarang terjadi pada suatu wilayah dibumi , fenomena gerhana bulan merupakan sebuah fenomena dimana bulan tertutup oleh bayangan dari bumi sehingga bulan akan nampak terkikis hingga akhirnya hilang dan tidak terlihat lagi.

Fenomena gerhana bulan ini akan terjadi ketika posisi bulan , bumi , dan nmatahari berada pada satu garis lurus , dan posisi unik ini tidak terjadi secara terus menerus melainkan hanya beberapa periode . bila kita nikmati dari segi estetika dan keindahan gerhana bulan adalah peristiwa yang sangat indah , pemandangan saat gerhana bulan bisa dijadikan objek fotografi yang indah nan cantik.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Proses terjadinya gerhana bulan ini biasanya akan memakan waktu lebih lama dari pada gerhana matahari , meskipun perbedaan waktunya hanya beberapa menit saja , pada hal demikian bumi akan menghalangi sinar matahari yang menuju ke bulan sehingga permukaan bulan akan tertutupi oleh bayangan bumi.

  • Dimulai ketika bulan yang terang tiba tiba tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam , bayangan hitam tersebut tidak lain adalah bayangan dari bumi itu sendiri.
  • Setelah itu bulan yang bulat lama kelamaan akan tertutup , sehingga bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama bumi akan terlihat menyabit.
  • Setelah mulai menjadi menyabit , lama – kelamaan bulan akan nampak menghilang karena tertutup oleh bayangan bumi itu sendiri , ketika saat inilah kita tidak dapat melihat bulan dan nampak seperti menghilang.
  • Setelah bulan tertutup semua dan nampak seperti hilang , kemudian kita akan menyaksikan kembali bulan muncul dari arah pertama dimana bulan itu menghilang , munculnya bulan tersebut diawali dengan bentuk sabit , setelah itu lama kelamaan bentuk bulan akan semakin kelihatan hingga setengahnya , hingga lama kelamaan akan nampak terlihat kembali seperti utuh.

Nah itu saja untuk artikel kali ini  , semoga bisa membantu , sekian dan terimakasih.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan | ituseo | 4.5