Proses Terjadinya Fatamorgana

By On Friday, March 22nd, 2019 Categories : Biologi

Proses Terjadinya Fatamorgana – Selamat sore , kali ini kita akan membahas mengenai proses terjadinya fatamorgana , istilah fatamorgana sendiri berasal dari bahasa italia , yaitu faye le morgana , yang memiliki arti seorang peri yang rupanya dapat berubah – ubah , fatamorgana sendiri merupakan peristiwa yang menabjubkan yang terjadi di bumi.

Proses Terjadinya Fatamorgana

Proses Terjadinya Fatamorgana

Fenomena fatamorgana dapat terjadi karena adanya pembiasaan cahaya yang menyebabkan ilusi optic , dan umumnya fenomena fatamorgana ini sering terjadi diwilayah yang luas dan cukup panas , seperti gurun.

Fatamorgana hanya akan terlihat dari jauh dari posisi kita berada itu karena struktur bumi yang bulat sesuai dengan konsep geografi. Kecuali jika bumi berbentuk datar , maka cahaya yang dibelokan akan mencapai lapisan tanah sangat dekat dengan tempat dimana cahaya dibelokkan , dan fatamorgana akan bisa dilihat pada jarak yang dekat.

Proses Terjadinya Fatamorgana

Perlu diketahui bahwa proses terjadinya fatamorgana dengan proses terjadinya pelangi berbeda walaupun sama – sama fenomena alam yang disebabkan pembiasaan cahaya.

  1. Awal terjadinya fatamorgana adalah karena adanya perbedaan kerapatan suhu antara suhu dingin dengan suhu panas yang ada dilapisan atmosfer diatas kerak bumi , suhu udara yang dingin memiliki kerapatan yang lebih rapat dan lebih berat dibandingkan dengan suhu panas yang memiliki kerapatan lebih rendah dan ringan.
  2. Dan oleh karena itu suhu udara yang panas akan berada dekat dengan lapisan tanah dan terperangkap oleh lapisan udara yang suhunya lebih dingin di atasnya , sehingga cahaya akan mengalami pembiasaan ke arah garis horizontal pada pandangan dan berjalan ke atas karena pengaruh internal total , pemantulan internal total sendiri merupakan proses pemantulan cahaya yang terjadi pada permukaan batas antara satu medium dengan medium yang lain , yang memiliki indexs bias lebih kecil .
  3. Ketika sinar ini dilihat oleh mata kita , maka kita akan melihatnya seperti ada bayangan jenis – jenis air yang disebut fatamorgana.

Nah dan itulah sedikit artikel kita kali ini , semoga bisa bermanfaat dan membantu , sekian dan terimakasih.

Proses Terjadinya Fatamorgana | ituseo | 4.5