Proses Terjadinya Badai Matahari

By On Wednesday, February 20th, 2019 Categories : Astronomi

Proses Terjadinya Badai Matahari –¬†Hallo !!! selamat malam semuanya kali ini kita akan membahas tentang badai matahari , nah ada yang tau apa itu badai matahari dan bagaimana proses badai matahari ? maka dari itu mari kita simak penjelasan berikut ini.

Jadi badai matahari adalah suatu fenomena terjadinya sebuah pelepasan energy magnetic yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan suhu plasma matahari dan partikel partikel lainnya yang terbentuk di lapisan atmosfer matahari , pelepasan energy matahari ini menyebabkan ledakan dahsyar ke luar angkasa dengan kecepatan lebih dari satu juta mil per jam.

Ledakan yang terjadi tersebt menyemburkan awan electron ,ion , dan atom melalui korona ke ruang angkasa , dan jika cukp besar awan electron yang disemburkan akan mencapai bumi dalam satu dua hari , wow!

Lantas ada yang tau bagaimana prosesnya , nah krang lebihnya ada 4 proses , mari kita simak .

  • Pada dasarnya matahari memiliki aktivitas tersendiri , diantaranya adalah adanya rotasi dan aliran massa atau konveksi yang terjadi dalam perut matahari yang mempengaruhi gata magnetnya.
  • Lalu ketika matahari berada pada periode solar maksimum , matahari berada dalam keadaan aktif , plasma matahari pun mengalami peningkatan suhu hingga jutaan derajat celcius .
  • Dan ketika mencapai suhu tertentu , plasma matahari tersebut akan meledak dan menyemburkan berbagai partikel seperti electron , proton dan ion dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya!
  • Pada periode solar maksimum bagian bagian yang berbeda dari matahari berotasi dengan kecepatan berbeda beda yang menyebababkan garis bidang magnetic pada matahari hingga menyebabkan terbentuknya solar flare ( lidah api matahari )dan sering terjadi dengan luapan massa korona.

Badai matahari ini sering menciptakan aurora langka berwarna merah , proses terjadinya aurora ini adalah ketika partikel yang di bawa oleh lontaran massa korona yang bergerak menuju bumi menghantam magnetosphere.

Nah dan itulah artikel kita kali ini semoga bisa membantu kalian semua , jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tau , sekian dan terimakasih.

Proses Terjadinya Badai Matahari | ituseo | 4.5