Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Asoka

By On Friday, January 11th, 2019 Categories : Biologi

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Asoka – Saat musim bunga tiba, banyak orang menyukai salah satu jenis bunga hias yang bernama Bunga Asoka ini, dimana anak – anak kadang – kadang suka menghisap ‘nektar’ yang ada di area Bunga Asoka berasa manis dan harum.

Tak mengherankan jika hewan – hewan ‘polinator’ pun menyukai sehingga mereka bergerombol menghampiri tumbuhan Bunga Asoka hanya untuk mendapatkan sari bunga yang menurut hewan – hewan ini rasanya nikmat. Kupu – Kupu dan Lebah juga menyukai aroma manis dan harum dari nektar Bunga Asoka yang mudah ditemukan yaitu pada permukaan mahkota Bunga Asoka ketika baru mekar.

Nah ketika hewan – hewan nan lucu ini hinggap di area bunga inilah mulai terjadinya proses penyerbukan dimana pada tanaman ini memiliki beberapa cara yang sangat berbeda dari tanaman hias berbunga lainnya.

Bunga Asoka tersebut di atas dikenal juga sebagai nama populer yaitu Bunga Madu atau Bunga Soka. Dimana dari sisi penamaan, bunga jenis ini memiliki nama yang cukup banyak tergantung di daerah mana jenis bunga ini ditemukan. Tak mengherankan jika tanaman ini memiliki banyak nama karena perkembangbiakannya sangat mudah dan bisa ditanam dimana – mana asalkan tanah yang akan digunakan dalam kondisi subur dan berkecukupan air.

Berikut di bawah ini kami berikan cara / proses dan jenis – jenis penyerbukan terhadap Bunga Asoka yang bisa anda baca untuk selanjutnya dipraktekkan dengan mudah di rumah atau tertarik untuk menjadikannya sebagai objek bisnis usaha kecil mandiri dalam skala kecil.

1. Perbanyakan Bunga Asoka Dengan Biji

Perkembangbiakan tanaman hias Bunga Asoka melalui biji caranya sama dengan perbanyakan biji pada bunga yang lainnya. Langkah awal adalah siapkan biji – biji dari hasil pembuahan Bunga Asoka sebelumnya sudah disiapkan. Lalu anda dapat melakukan pilihan lahan yang ada di halaman rumah untuk menampung / menanam biji – biji Bunga Asoka tersebut. Tanamlah biji – biji Bunga Asoka yang sudah memiliki kecambah dengan cara merendamnya dalam air sekitar 24 jam.  Selanjutnya selesai anda menanamnya maka anda dapat melakukan kegiatan perawatan seperti penyiraman, penyiangan dan pemupukan tergantung dari kondisi tanaman Bunga Asoka anda.

2. Perbanyakan Bunga Asoka Dengan Stek

Tidak semua tanaman bisa dengan mudah dilakukan stek. Pada umumnya ahli – ahli Botani di Indonesia atau pecinta tanaman hias adalah orang – orang yang suka dan memiliki hobi berkebun, akan memberikan perlakuan khusus pada tanaman hias yang sulit dilakukan pengembangan melalui stek. Dengan demikian dalam menentukan ciri – ciri tanaman yang dapat distek dengan yang tidak, perlu perlakuan khusus sangat penting untuk diberi perhatian lebih.

Terhadap tanaman hias Bunga Asoka tersebut di atas, bahan utama untuk bahan – bahan stek adalah yang digunakan pada batangnya yang sehat. Langkah awal adalah anda harus bisa memilih batang yang tidak terlalu muda atau tua dan potong menjadi beberapa bagian dengan hati – hati. Rendam bahan – bahan untuk stek Bunga Asoka dalam cairan yaitu berupa larutan hormon pertumbuhan, setelah itu anda bisa menanamnya pada lahan yang tersedia.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang proses, cara dan jenis – jenis penyerbukan Bunga Asoka untuk para pembaca yang baik hati mengerti,  semoga  saja bermanfaat. Terimakasih !

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Asoka | ituseo | 4.5