Pengertian Mind Maping

By On Monday, February 18th, 2019 Categories : Lainnya

Pengertian  Mind Maping – Yang dimaksud dengan ‘Mind Maping’ adalah sebuah proses dari rangkaian pemetaan pikiran yang bertujuan untuk menghubungkan antara konsep – konsep tentang membahas permasalahan – permasalahan tertentu dari cabang – cabang sel saraf untuk selanjutnya akan membentuk ‘korelasi’ berupa konsep menuju kepada satu pemahaman dimana hasilnya nanti akan dituangkan secara langsung ke atas kertas dengan disertai animasi yang disukai serta sangat mudah untuk dimengerti oleh pengguna. Di dalamnya terselip tulisan – tulisan sebagai hasil proses pembuatan Mind Maping merupakan gambaran secara langsung dari sistem kerja pada koneksi – koneksi pada jaringan dalam otak.

Pengertian  Mind Maping

Pengertian Mind Maping

Mind Maping merupakan salah satu cara untuk mengembangkan ragam kegiatan untuk mengetahui pola pikir yang menuju ke segala arah, lalu menangkap ragam pikiran yang dimaksud ke dalam beberapa sudut pandang. Selanjutnya akan mengembangkan tentang bagimana cara untuk bisa berpikir kreatif yang dikenal juga dengan istilah lain yaitu Peta Konsep. Peta Konsep adalah salah satu alat untuk berpikir yang bersifat organisasional dan cukup hebat yang merupakan salah satu cara termudah untuk memposisikan / menempatkan informasi agar tepat masuk ke dalam otak dan mengambil hasil informasi yang benar – benar dibutuhkan (Buzan, 2008 : 4).

Lebih lanjut menurut penjelasan dari Tony Buzan menerangkan bahwa Mind maping mampu membantu manusia guna melakukan banyak hal seperti berkomunikasi dengan mudah dan lancar, merencanakan, menjadi lebih kreatif, mampu menyelesaikan masalah, mampu untuk memusatkan pikiran dan perhatian, menyusun dan menjelaskan tentang pikiran – pikiran, mengingat dengan baik, mau belajar cepat dan efisien serta dapat melatih gambar secara keseluruhan.

Apakah Manfaat Dari Mind Maping ?

Banyak manfaat yang bisa diperoleh terutama dari sisi waktu yaitu bisa mengefisienkan pemanfaatan waktu guna mempelajari tentang suatu informasi. Hal ini dapat terjadi karena metode Mind Maping mampu menyajikan gambaran – gambaran secara menyeluruh terhadap suatu hal hanya dalam waktu yang sangat singkat. Mind Maping mampu menggunakan waktu belajar yang sedikit saja dengan cara mengubah pola pencatatan ‘linear’ yang biasanya membutuhkan banyak waktu untuk melakukan pencatatan secara efektif sekaligus secara langsung dan mudah untuk dipahami oleh masing – masing individu.

Nah di bawah ini kami berikan beberapa manfaat tentang metode pencatatan dengan menggunakan Mind Maping antara lain sebagai berikut :

  1.  Mudah mendefinisi tema utama karena dinyatakan di tengah – tengah.
  2. Mudah mengidentitaskan level – level keutamaan informasi dengan lebih baik.
  3. Masing – masing informasi bisa dengan mudah dikenali dan dihubungkan.
  4. Mudah dalam hal memahami dan mengingat.
  5. Dengan mudah bisa menggabungkan informasi baru tanpa merusak struktur keseluruhan dari Mind Maping sehingga proses mengingat akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
  6. Mind Maping memiliki beberapa teori yang cukup unik guna memudahkan anda dalam proses mengingat.
  7. Dapat membantu mempercepat proses melakukan pencatatan karena hanya memakai kata kunci saja.

Cara Membuat Mind Maping

Seperti dijelaskan di atas, Mind Maping adalah seperangkap alat untuk berpikir kreatif yang mencerminkan tentang bagaimana cara kerja otak secara alami. Mind Maping memberikan kesempatan kepada otak untuk memanfaatkan semua gambar dan asosiasinya guna berpikir dengan pola radial terhadap jaringan seperti yang dikehendaki otak untuk dirancang baik itu secara internal yang selalu mengoptimalkan menggunakan otak atau terhadap hal – hal yang perlu saja guna membiasakan diri terhadap sebuah kondisi yang dimaksud.

Pastikan tema utama yang akan dipilih terletak dibagian tengah – tengah. Selanjutnya dari tema utama akan muncul tema – tema turunan yang masih memiliki hubungan dengan tema utama. Carilah sebuah hubungan antara masing – masing tema dengan menandainya dengan membuat garis, warna, atau simbol. Aplikasikan huruf besar, buat / kreasikan Peta Pikiran di atas kertas polos dan hilangkan proses edit. Sisakan ruangan khusus untuk penambahan tema.

Dari uraian tersebut di atas bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa Mind Maping merupakan suatu cara dan teknik dalam mencatat yang dapat menangkap lalu mengembangkan pikiran untuk selanjutnya meningkatkan daya ingat karena infromasi yang disusun akan memiliki sifat secara bercabang dari tema – tema utama yang akan menyertakan gambar, simbol, warna, dan teks yang bisa memampukan para peserta didik untuk memberdayakan seluruh potensi dan kapasitas otak seefektif dan efisien.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian Mind Maping, semoga bermanfaat !

Pengertian Mind Maping | ituseo | 4.5