Pengertian dan Jenis Motivasi

By On Sunday, January 27th, 2019 Categories : Tips dan Trik

Pengertian dan Jenis Motivasi – Tentu kita sering mendengar kata motivasi diucapkan. Biasanya, kata-kata tersebut, diucapkan oleh orang-orang bijak. Seperti, Orang Tua, Guru, Ulama dan lain sebagainya.

Dengan motivasi, diharapkan kehidupan menjadi lebih baik. Karena isi motivasi adalah keluhuran bersikap, tips kesuksesan dan mencegah depresi.

Sebagai manusia, kita dibekali dengan kemampuan berpikir. Sayangnya, sebagai mahluk insani, kita juga dibekali perasaan. Maka timbullah rasa malas, putus asa, bahkan kecewa. Nah, jika kita tidak termotivasi untuk meninggalkan perasaan tersebut, kita memerlukan motivasi dari orang lain. Motivasi dari orang-orang yang sudah disebutkan di atas.

Mengingat pentingnya motivasi bagi manusia, maka kita harus membuka diri terhadapnya. Mempelajari pengertian motivasi, merupakan langkah pertama untuk mengenalnya lebih jauh. Sehingga, kita tidak merasa sakit hati kepada orang yang memberi motivasi.

Pengertian Motivasi

  1. Pengertian Umum

Secara umum, motivasi bisa disamakan maknanya dengan dorongan. Namun, dorongan yang dimaksud adalah dorongan ke arah kebaikan. Sehingga, akibat dorongan tersebut, perilaku manusia menjadi lebih mulia.

  1. Pengertian Menurut Ahli

Menurut Mc Donald, motivasi adalah integrasi energi di dalam tubuh manusia. Yang muncul akibat perasaan/feeling berhasil memaknai tujuan. Sedangkan Hamzah mengemukakan definisi berbeda. Menurutnya, motivasi adalah kekuatan individu, yang mengarahkannya untuk melakukan sesuatu ( action ).

Dari segala argumen diatas, bisa kita tarik konklusi tentang pengertian motivasi. Yaitu, sebuah kekuatan yang mendorong perasaan individu untuk meningkatkan aktivitas dan perbuatannya, supaya tujuan-tujuan kebaikan tercapai.

Baca Juga : Fungsi Motivasi

Jenis-Jenis Motivasi

Jenis-jenis motivasi terbagi menjadi dua. Yaitu, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Penggolongan ini disesuaikan dengan siapa yang mengucapkan. Sedangkan motivasi menurut bentuk dorongan, jenisnya sangat banyak. Salah satunya adalah motivasi belajar, dan motivasi keluarga.

  1. Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik adalah hasrat seseorang untuk mengubah dirinya secara mandiri. Mengubah dalam artian, berpindah dari keburukan pada kebaikan. Motivasi ini dilakukan, demi tujuan memperbaiki diri dan sikap, supaya tujuan kehidupannya tercapai.

  1. Motivasi ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik adalah hasrat seseorang untuk merubah dirinya. Yang muncul akibat dorongan dan dukungan orang lain. Sehingga dengannya, feeling merasa tergerak untuk menyetujui pendapat tersebut, yang akan dilanjutkan dengan perubahan sikap.

Baca Juga :

Itulah pengertian motivasi dan jenis-jenisnya. Semoga menjadi pengetahuan bermanfaat. Pengetahuan yang selalu memotivasi kita, untuk senantiasa berbuat kebaikan.

Pengertian dan Jenis Motivasi | ituseo | 4.5