Pengertian Dan Fungsi NIC

By On Wednesday, February 27th, 2019 Categories : Komputer

Pengertian Dan Fungsi NIC – Apakah yang dimaksud dengan NIC ?

Pengertian Dan Fungsi NIC

Pengertian Dan Fungsi NIC

Pengertian NIC atau disingkat dengan ‘Network Interface Card’ adalah sebuah peralatan elektronik yang terbuat dari sebuah papan PCB guna melakukan konversi sinyal sehingga menjadi sebuah ‘workstation’ untuk bisa mengirim dan menerima data – data di dalam Jaringan Komputer.

NIC disebut juga dengan nama lain yaitu ‘Ethernet Card’ atau LAN card. NIC adalah sebuah kartu Jaringan Komputer yang dipasangkan pada bagian ‘slot ekspansi’ pada Komputer bersangkutan.

Slot ini dibutuhkan dalam bentuk Slot PCI / ISA. Juga dilengkapi dengan beberapa card yang memiliki fungsi khusus untuk Laptop atau Notebook dengan mengaplikasikan sistem Socket PCMCIA. Sedangkan untuk ‘output port’ di dalamnya bisa berupa port BNC, AUI / ‘thick ethernet’ dan UTP.

NIC wajib disertai alamat khusus yang disebut dengan istilah ‘Ethernet Address’ atau ‘MAC Address’. Alamat yang dimaksud adalah berupa kode – kode ‘heksa’ 48 – bit. Masing – masing NIC dilengkapi oleh alamat yang berbeda – beda.

Apabila Komputer anda dipersiapkan untuk bisa berkomunikasi dengan Komputer lainnya maka mereka harus dapat memancarkan sinyal guna mencari dan menemukan alamat dari NIC yang dituju. Apabila alamat yang dimaksud sudah ditemukan maka komunikasi sudah bisa dilakukan antar dua kartu Ethernet.

Jika NIC yang akan dituju ternyata sedang melakukan komunikasi dengan kartu Ethernet lainnya maka kemungkinan besar akan terjadi tabrakan informasi dan data atau ‘collision’. Keduanya akan mati secara otomatis lalu menunggu untuk kembali dihidupkan guna memancarkan sinyal baru dengan waktu yang acak sehingga kembali dapat berkomunikasi.

Fungsi Dari NIC

Secara garis besar, Fungsi NIC sebagai sarana untuk menerima dan mengirimkan data – data melalui kabel Jaringan Komputer. Fungsi lainnya adalah sebagai media untuk transfer data – data ke Komputer lain dengan terlebih dahulu menyiapkan data – data dari Komputer cadangan supaya bisa melewatkan sinyal ke media penghubung.

Fungsi selanjutnya adalah sebagai media pengontrol aliran data – data antar Komputer dan sistem perkabelan, menerima data – data yang hendak ditransfer dari Komputer cadangan melalui kabel lalu menterjemahkannya ke dalam masing – masing bit yang dengan mudah dimengerti oleh masing – masing Komputer.

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian dan fungsi NIC, semoga bermanfaat !

Pengertian Dan Fungsi NIC | ituseo | 4.5