Pengertian dan Contoh Norma Sosial

By On Tuesday, January 29th, 2019 Categories : Sosial dan Budaya

Pengertian dan Contoh Norma Sosial – Manusia adalah mahluk sosial. Artinya, manusia adalah insan yang terus berinteraksi dengan masyarakat. Maka dari itu, diperlukan aturan-aturan tertentu, supaya interaksi tersebut lancar dan aman.  Regulasi atau aturan inilah, yang disebut dengan istilah norma sosial.

Jika manusia melanggar norma sosial, dia akan mendapat sanksi sosial. Yang berupa pengucilan oleh warga sekitar. Serta menjadi objek isu masyarakat. Yang paling parah, si pelaku akan diusir dari kampung halamannya.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang suka melanggar norma sosial. Bahkan atas nama modernitas, aturan sosial kemasyarakatan pun diterabasnya. Hal ini disebabkan, ketidaktahuan mereka akan pengertian norma sosial. Bahkan contoh-contohnya pun tidak mereka pahami. Atas dasar itulah, pada artikel kali ini. Kami akan menjelaskan tentang pengertian norma sosial.

Pengertian Norma Sosial

Pengertian Menurut Bahasa

Norma berasal dari akar kata berbahasa Belanda yaitu “Norm“. Arti kata ini adalah pedoman. Bisa juga diartikan dengan kaidah atau aturan. Norma juga diambil dari bahasa Latin yaitu “Mores“. Yang artinya adat istiadat atau kebiasaan. Menurut bahasa, norma sosial adalah aturan aturan yang melindungi kebiasaan masyarakat.

Pengertian Menurut Ahli

  1. Isworo Hadi Wiyono

Menurut Isworo Hadi Wiyono,  norma sosial adalah petunjuk tidak tertulis. Yang didalamnya, berisi contoh-contoh perbuatan yang tidak boleh di lakukan di masyarakat. Jika dilanggar, Anda akan mendapatkan sanksi sosial. Seperti diusir dari komunitas masyarakat.

  1. Robert Mz. Lawang

Norma sosial menurut Mz. Lawang, memiliki definisi berbeda. Menurutnya, norma sosial adalah persepsi umum tentang apa yang baik dan buruk. Indikasi-nya adalah, jika yang baik dilakukan. Sedangkan yang buruk harus ditinggalkan.

Dari berbagai pengertian diatas, bisa disimpulkan bahwa, norma sosial adalah aturan-aturan yang baik dan yang buruk, Yang dipersepsikan oleh masyarakat di suatu daerah. Aturan-aturan ini menjadi pengikat hubungan sosial. Semata demi tujuan interaksi tidak rusak dan tidak kacau.

Contoh-contoh Norma Sosial

Mengetahui contoh-contoh norma sosial sangat penting. Karena Anda bisa mengetahui, yang mana perbuatan baik. Dan yang mana perbuatan buruk yang harus ditinggalkan. Karena jika tetap dilakukan,  Anda akan dianggap manusia tidak ber-sosial. Ini dia contoh-contohnya :

  1. Bertamu hingga larut malam.
  2. Membonceng lawan jenis tanpa ikatan pernikahan dan bukan kerabat.
  3. Tidak turun dari kendaraan ketika lewat didepan orang tua

Itulah pengertian dan contoh-contoh norma sosial. Semoga kita tetap memegangnya dengan teguh.

Pengertian dan Contoh Norma Sosial | ituseo | 4.5