Pengertian dan Contoh Kapilaritas

By On Tuesday, March 26th, 2019 Categories : Fisika

Pengertian dan Contoh Kapilaritas – Belajar kimia apalagi fisika tidak sesulit yang diperkirakan orang. Bahkan jika diajari secara tekun, pelajaran ini sangat mengasyikkan serta bisa membuat akal bertumbuh.

Pengertian dan Contoh Kapilaritas

Pengertian dan Contoh Kapilaritas

Pelajaran inilah (fisika) yang bisa membuat otak senantiasa terlatih untuk melakukan hal yang rumit menjadi kesimpulan yang termudah.

Salah satu contoh pelajaran fisika yang bagus untuk dipelajari adalah teori kapilaritas. Maka dari itu, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan tentang pengertian teori kapilaritas. Penjelasan yang di akhir nanti juga kami lengkapi dengan contoh-contohnya.

Pengertian Kapilaritas

Pengertian Kapilaritas di dalam pelajaran fisika disebut juga dengan istilah gaya kapiler. Sistem gaya dari masuknya zat air ke dalam pipa bercelah kecil yang disebut pipa kapiler. Dengan adanya gaya ini, air yang mengendap di bawah permukaan akan naik ke atas melewati celah-celah alat kapiler seperti kain, kaca dan lain sebagainya.

Gaya kapiler dipengaruhi oleh dua unsur yaitu adhesi dan kohesi.  Air dalam pipa kapiler bisa naik ke permukaan manakala adhesi kaca lebih besar dibandingkan kohesi partikel air. Tentu rumus ini berbeda dengan air raksa yang bisa bekerja jika adhesinya justru lebih kecil dibandingkan kohesi.

Contoh Kapilaritas

Setelah anda memahami pengertian dan proses terjadinya kapilaritas, maka berikut ini kami rilis juga contoh terjadinya proses tersebut. Contoh proses kapilaritas yang sering kali ditemukan dalam kehidupan rumah tangga.

Proses terjadinya kapilaritas bisa terlihat pada proses terjadinya api di dalam kompor minyak tanah. Pada proses ini, minyak tanah yang mengendap di bawah permukaan kompor akan naik ke atas melalui sumbu yang terbuat dari kain berpori-pori kecil.

Ketika subuh itu dibakar dengan api maka menyebarlah pembakarannya sehingga kompor minyak tanah bisa digunakan untuk memasak, merebus dan lain lain.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kapilaritas dan contohnya. Semoga penjelasan ini bisa meningkatkan motivasi anda untuk terus mempelajari fisika dengan tekun. Karena dengan memiliki pengetahuan fisika modern, kecerdasan otak lebih maksimal. Anda tidak hanya memahami ilmu sosial saja tetapi juga ilmu eksakta.

Pengertian dan Contoh Kapilaritas | ituseo | 4.5