Pengertian Dan Contoh Fabel

By On Wednesday, March 6th, 2019 Categories : Lainnya

Pengertian Dan Contoh Fabel – Apakah yang dimaksud dengan Fabel ?

Pengertian Fabel adalah salah satu jenis dongeng tentang dunia binatang dimana binatang atau mahkluk – mahkluk yang tidak bernyawa diceritakan seolah – olah mampu bertingkah dan berbicara seperti manusia.

Tokoh – tokoh cerita di dalam Fabel tersebut di atas pada umumnya adalah binatang, dikisahkan memiliki akal, tingkah laku, dan pandai berbicara seperti manusia.

Mereka masing – masing memiliki watak dan budi manusia yang memiliki tujuan yaitu untuk memberikan ajaran – ajaran moral dengan memperlihatkan sifat – sifat baik dan buruk dari manusia melalui memanfaatkan simbol – simbol yang nantinya akan diperankan oleh binatang – binatang tersebut.

Pengarang mengharapkan dapat mempengaruhi para pembaca agar mau mencontoh sisi baik lalu membuang sisi buruk dari sikap dan pola tingkah laku pada manusia terutama terhadap anak – anak.

Sebagai contoh yang melukiskan tentang tokoh – tokoh cerdik dan cekatan dalam dunia Fabel umumnya melukiskan tentang kehidupan manusia pada tokoh binatang Kancil atau Monyet. Sedangkan tokoh – tokoh dengan karakter jahat digambarkan melalui binatang buas seperti Buaya atau Harimau.

Contoh Fabel

Cerita Tentang Anak Buaya Yang Mencuri Hati Monyet

Adalah seekor anak buaya sedang berenang di pinggir sebuah danau nan asri. Sambil berenang ia berpikir bagaimana caranya untuk mendapatkan hati monyet seperti yang diminta oleh ibunya. Nah saat sedang berenang tersebut tiba – tiba anak buaya melihat seekor monyet kecil sedang berayun – ayun mencari buah – buahan hutan di pinggir danau. Dengan hati – hati ia mendekati monyet tersebut dan berkata, “ Hai monyet, di seberang danau ada kebun buah – buahan sedang musim panen saat ini ! “ Anak buaya akan dengan suka cita mengantarkan monyet kecil untuk jalan – jalan ke sana.

Monyet kecil agak keheranan dengan kebaikan hati dari anak buaya yang sehari – harinya dikenal nakal dan suka mengganggu penghuni hutan. Namun karena ia merasa sangat lapar sehingga menyetujui saja ajakan dari anak buaya untuk jalan – jalan ke seberang danau guna mencari buah – buahan segar. Monyet kecil pun naik ke atas punggung anak buaya. Sesampainya di tengah danau, tiba – tiba anak buaya berguling dan menghentakkan ekornya dengan sangat kuat sehingga monyet kecil hilang keseimbangan lalu tercebur ke tengah danau yang sangat dalam dan hampir tenggelam !

Monyet megap – megap mengalami sesak nafas lalu berusaha berenang untuk naik ke permukaan danau. Ia merasa tertipu dan sangat marah kepada anak buaya. Ia bertanya kenapa anak buaya seperti dengan sengaja menceburkannya ke tengah danau ? Lalu dengan jujur anak buaya bercerita bahwa ia disuruh ibunya untuk mencari hati monyet. Mendengar pengakuan dari anak buaya, monyet kecil gemetar karena ketakutan lalu segera mencari akal agar lolos dari jerat maut keluarga buaya.

Ia berkata dengan lembut dan hati – hati kepada anak buaya, “ Hai anak buaya, saat ini aku tidak membawa hatiku. Hatiku tersimpan di atas pohon di tengah hutan dekat dengan sarang dimana aku dan keluargaku tinggal. Itu adalah rumah kami. Jika kamu bersedia mengantar aku untuk kembali ke pinggir danau maka aku akan mengambil hatiku untuk diberikan kepada ibumu di rumah. ”

Tentu saja anak buaya sangat bergembira mendengar penjelasan dari monyet kecil lalu tanpa pikir panjang anak buaya segera mengembalikan monyet ke tepi danau.

Monyet berhasil lepas dari bahaya yang dilakukan oleh anak buaya, dengan sekuat tenaga ia berlari memanjat salah satu pohon yang tertinggi di pinggir danau lalu berayun – ayun ke dahan lainnya dan menghilang di tengah rimbunnya hutan. Anak buaya menanti dengan tak sabar kedatangan monyet kecil untuk memberikan hatinya buat ibunya yang saat ini sudah menunggu kedatangannya dengan rasa tak sabar juga.

Akhirnya anak buaya sadar bahwa ia sudah ditipu oleh monyet, ia pun pergi dengan rasa kesal ! Karena kecerdikannya, monyet kecil selamat dari cengkeraman maut anak buaya.

Nah sekian uraian kami tentang pengertian dan contoh Fabel, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Pengertian Dan Contoh Fabel | ituseo | 4.5