Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme, Dan Henoteisme

By On Wednesday, January 2nd, 2019 Categories : Uncategorized

Melalui kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pengertian animisme, ‘dinamisme’, ‘politeisme’, ‘monoteisme’ dan ‘henoteisme’ untuk diposting agar bermanfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Berikut adalah masing – masing penjelasan yang dapat kami berikan.

1. Yang dimaksud dengan animisme

Animisme adalah salah satu aliran kepercayaan ( di dalam Bahasa Latin berasal dari suku kata ‘anima’ yang artinya roh ) yaitu kepercayaan yang diberikan kepada makhluk – makhluk halus atau roh berdasarkan atas kepercayaan atau mengikut kepada sebuah agama tertentu dimana kepercayaan yang dimaksud erat hubungannya dengan keberadaan roh dan awal kemunculan aliran kepercayaan ini adalah pada zaman kehidupan manusia ‘primitif’.

2. Yang dimaksud dengan dinamisme

Dinamisme adalah salah satu aliran kepercayaan yang menganut faham bahwa segala sesuatu di permukaan Bumi ini menyimpan dan mempunyai tenaga yang mampu memberi pengaruh terhadap kondisi kegagalan atau keberhasilam dari masing – masing usaha manusia di dalam mempertahankan kehidupan mereka.

3.Yang dimaksud dengan politeisme

Pengertian dari politeisme berasal dari Bahasa Yunani yaitu ‘poly’ dan ‘theoi’ yang mengandung arti mempercayai banyak Tuhan.

Politeisme merupakan salah satu aliran kepercayaan yang ditujukan kepada Dewa – Dewa dengan maksud untuk menjalankan aturan – aturan tertentu terhadap suatu agama dengan cara melakukan persembahyangan menghaturkan sesajen lalu menyembah dan berdoa kepada Tuhan yang dilakukan oleh kelompok mereka agar dijauhkan dari amarah dan bencana terhadap suatu masyarakat bersangkutan.

4. Yang dimaksud dengan pengertian monoteisme

Monoteisme adalah salah satu aliran kepercayaan yang menganut paham yaitu hanya ada satu Tuhan terhadap keseluruhan alam semesta beserta segala isinya, dimana masyarakat yang menganut aliran ini tak lagi mengakui adanya Tuhan yang lainnya.

5. Yang dimaksud dengan pengertian henoteisme

Henoteisme adalah sebuah pemahaman atau aliran kepercayaan yang menjelaskan bahwa hanya ada satu Dewa berkuasa di dunia ini tanpa memungkiri terhadap keberadaan Dewa – Dewa lainnya, dimana aliran kepercayaan ini berhaluan diantara politeisme dan monoteisme.

Demikian pengertian yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat !

Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme, Dan Henoteisme | ituseo | 4.5