Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rambutan

By On Thursday, April 18th, 2019 Categories : Biologi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rambutan – Tanaman rambutan merupakan tanaman tropis, memiliki tinggi sekitar 10 meter. Tanaman rambutan ini diyakini berasal dari daerah malaysia, kalimantan, dan sumatra.

Di Kalimantan Timur tepatnya di bagian pedalaman, begitu banyak ditemukan spesies liar dari tanaman rambutan. Namun saat ini, rambutan telah menyebar di berbagai negara seperti, Filipina, Thailand, Vietnam, dan negara-negara tropik lainya.

Tanaman rambutan banyak ditanam di halaman rumah untuk meneduhkan pekarangan. Selain itu, buah rambutan sendiri juga memiliki banyak manfaat, seperti membersihkan dan menjaga Fungsi Ginjal, membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan masih banyak lagi.

Klasifikasi Tanaman Rambutan

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Sapindaceae
  • Genus : Nephelium L.
  • Spesies : Nephelium lappaceum L.

Morfologi Tanaman Rambutan

  1. Morfologi Akar Rambutan

Tanaman rambutan memiliki 2 jenis akar, yaitu akar tunggang dan  akar samping. Akar rambutan umumnya berwarna coklat dan memiliki serabut akar yang berfungsi untuk menyerap air dan juga mineral dari dalam tanah.

  1. Morfologi Batang Rambutan

Batang rambutan memiliki tekstur yang keras dan berwarna kecokelatan. Diameter batangnya kira – kira sebesar 30 – 70 cm tergantung dari umur tanaman rambutan tersebut. Karena semakin tua, batang tanaman rambutan makin melebar. Tanaman rambutan memiliki cabang yang banyak dan arah cabangnya cenderung horizontal.

  1. Morfologi Daun Rambutan

Tanaman rambutan memiliki jenis daun majemuk berselang-seling dengan ukuran kecil dan panjang, serta pada bagian ujungnya runcing. Daun tanaman ini, seperti warna daun pada umumnya, berwarna hijau dengan panjang antara 7-20 cm dan lebar 3-8cm. Daun rambutan mengandung minyak terpentin, yang memiliki sifat mudah terbakar meskipun masih berwarna hijau.

  1. Morfologi Bunga Rambutan

Bunga pada tanaman rambutan memiliki struktur bunga lengkap, yaitu terdapat benang sari, putik, dan mahkota bunga. Tanaman ini memiliki tiga jenis bunga, yaitu bunga jantan, bunga betina, dan juga bunga sempurna (hermafrodit). Penyerbukan tanaman ini terjadi secara silang dengan bantuan lebah lanceng.

  1. Morfologi Buah Rambutan

Buah rambutan memiliki bentuk bulat dan memiliki rambut – rambut pada kulit buah. Warna kulit buah bermacam – macam, untuk buah yang belum matang biasanya berwarna hijau, buah yang sudah agak matang kulitnya berwarna kuning dan buah yang sudah matang berwarna merah.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Rambutan | ituseo | 4.5