Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

By On Saturday, March 2nd, 2019 Categories : Biologi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk – Jeruk berasal dari Asia Timur dan Tenggara. Jeruk Manis dan sitrun atau biasa di sebut lemon berasal dari asia timur sedangkan untuk  jeruk nipis, jeruk bali dan jeruk purut  berasal dari Asia Tenggara. Dewasa ini tanaman jeruk dapat di jumpai diseluruh negara.

Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini memiliki kandungan air yang cukup banyak. Buah jeruk ini kaya akan vitamin C, kalori, mineral, serat serta protein yang sangat bagus untuk tubuh.

Klasifikasi Tanaman Jeruk

  • Jeruk termasuk kingdom plantae.
  • Sub kingdom tumbuhan berbulu Tracheobionta
  • Super Devisi Tumbuhan berbiji yaitu Spermatophyta
  • Devisi Tumbuhan berbunga yaitu Magnoliophyta
  • Termasuk dalam Kelas Tumbuhan dikotil Magnoliopsida
  • Sub Kelasnya Rosidae
  • Ordo Sapindales
  • Famili Rutaceae
  • Genus Citrus L.Spesies
  • Citrus sinensis Jeruk manis

Morfologi Tanaman Jeruk

  1. Akar

Akar dari  jeruk ialah akar tunggang, akar serabut serta akar-akar rambut. Untuk akar tunggang di tanaman jeruk dapat tumbuh  mencapai sekitar 4 meter, hal ini terjadi  jika akar tumbuh ditanah yang subur, tapi hal itu tidak kakn terjadi jika akar itu tumbuh ditanah yang keras maupun ber air.  Hal itu disebabkan Tanaman jeruk memiliki akar tunggang dengan ujung akar yang  terdiri dari sel- sel muda yang senantisa membelah dan merupakan titik tumbuh akar jeruk. Jadi Sel akar ini sangat lembut, hingga mudah patah kalau menembus tanah yang keras dan padat.

  1. Batang

Batang dari tanaman jeruk ini memiliki bentuk bulat dan ditumbuhi mata tunas. Batang tanaman jeruk ini beberapa jenis ada yang terlihat kasar dan berduri dan adapula yang memiliki permukaannya halus. Untuk ukuran tinggi batang tanaman jeruk ada yang dapat mencapai tinggi sekitar 5-15 M. Batang tanaman jeruk memiliki beragam warna, semua itu tergantung dari jenis tanaman jeruk itu sendiri.

  1. Daun

Daun tanaman jeruk memiliki bentuk oval dengan ujung yang meruncing dan untuk ukuran tanaman jeruk memiliki panjang antara 5cm hingga 15 cm.

Untuk tulang daun jeruk memiliki bentuk menyirip beraturan ada juga yang berbentuk berselang-seling dan pada bagian tepi daun tersebut  ada yang bergerigi dan ada pula yang tidak. Daun dari  jeruk ini  apabila diremas akan mengeluarkan bau yang sangat spesifik hal itu dikarenakan karena mengandung minyak asiri/ minyak terbang. Warna daun jeruk hijau tua.

  1. Bunga

Bunga dari tanaman jeruk ini memiliki jenis majemuk, memiliki warna putih pucat. Bunga dalam tanaman ini termasuk sempurna, karena dalam satu bunga ada  putik serta benang sari. Memiliki aroma yang harum dan mengandung nektar nektar membuat. Bunga tanaman jeruk ini muncul di ketiak daun atau pada pucuk ranting.

  1. Buah

Buah jeruk memiliki banyak bentuk, ada yang bulat, oval, maupun lonjong memanjang. Untuk Kulitnya buah jeruk ada yang tebal serta sukar dikupas, dan ada juga yang tipis namun mudah dikupas. Warna buah jeruk juga beragam, seperti kuning, hijau, dan jingga, semua itu tergantung dari varietasnya.

  1. Biji

Pada tanaman jeruk, bijinya terdapat pada dalam buahnya, ketersediaan biji pada tanaman jeruk tergantung macamnya, ada yang berbiji banyak sampai ada juga yang tidak berbiji. Biji jeruk biasanya memiliki warna putih keabuan, berbentuk bulat telur dan runcing di salah satu ujungnya.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk | ituseo | 4.5