Keanggotaan, Tujuan dan Pembentukan OPEC

By On Sunday, April 21st, 2019 Categories : Lainnya

Keanggotaan, Tujuan dan Pembentukan OPEC – Sekarang keanggotaan OPEC sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan bertambahnya beberapa negara penghasil dan pengekspor minyak mentah antara lain sebagai berikut :

Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, Venezuela, Aljazair, Angola, Libya, Nigeria, Qatar, Uni Emirat Arab, Ekuador, Indonesia dan Gabon.

Tujuan Pembentukan OPEC

Secara umum tujuan OPEC didirikan adalah untuk mempertahankan harga minyak disertai menentang aksi penurunan harga minyak yang dilakukan secara sepihak oleh perusahaan – perusahaan minyak besar yang dikenal dengan sebutan ‘The Seven Mayor’ seperti ‘Exxon’, ‘Texaco’, ‘Socal’, ‘Gulf’, ‘British Petroleum’, dan ‘Shell’.

Perusahaan raksasa minyak bumi bersangkutan memiliki anggota yang berasal dari negara – negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman Barat, Inggris, dan Jepang. Selanjutnya OPEC secara kolektif berusaha untuk menentukan kebijakan harga dan jumlah produksi minyak bumi terutama di pasar – pasar internasional.

Tujuan lebih rinci dari pembentukan OPEC adalah sebagai berikut :

  1. Untuk menyatukan kebijakan – kebijakan perminyakan diantara negara – negara anggota.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan dunia terhadap minyak bumi.
  3. Untuk menstabilkan harga minyak dunia pada pasaran internasional.
  4. Untuk menentukan kebijakan – kebijakan yang bertujuan melindungi negara – negara anggota.
  5. Untuk mempertahankan harga minyak di pasaran internasional agar tetap dalam kondisi stabil serta menentang aksi penurunan harga minyak yang dilakukan secara sepihak oleh perusahaan – perusahaan minyak besar di dunia.

Demikian artikel tentang Keanggotaan, Tujuan dan Pembentukan OPEC kami bahas dengan singkat semoga bermanfaat bagi para siswa / wi sebagai media penambah informasi, wawasan dan ilmu pengetahuan.

Keanggotaan, Tujuan dan Pembentukan OPEC | ituseo | 4.5