Jenis-Jenis Gaya Fisika

By On Thursday, January 24th, 2019 Categories : Fisika

Jenis-Jenis Gaya Fisika – Pengertian Gaya Fisika, diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang diberikan terhadap sebuah benda.  Gaya tersebut dapat membuat benda berpindah tempat, mengubah arah benda dan membuat benda berubah bentuk.

Gaya sendiri terbagi menjadi dua yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya yang timbul akibat kontak langsung dengan benda.

Contoh dari gaya sentuh adalah gaya gesek, gaya otot, dan gaya pegas. Sementara gaya tak sentuh adalah gaya yang timbul akibat adanya medan di sekitar benda sumber gaya dengan benda di sekitarnya. Contoh gaya tak sentuh adalah gaya magnet, gaya listrik, dan gaya gravitasi.

Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang dapat menyebabkan hambatan (perlambatan), terjadi karena adanya dua benda yang bergesekan. Semakin kasar permukaan benda yang bergesekan, semakin besar gaya geseknya; semakin halus permukaan benda, semakin kecil gaya geseknya. Contoh dari gaya gesek adalah rem pada kendaraan dan proses mengasah pisau.

Gaya Otot

Gaya otot adalah gaya yang ditimbul dari koordinasi struktur otot dengan rangka tubuh, baik otot manusia maupun otot hewan. Contoh dari gaya otot adalah manusia yang mengangkat beban dan kuda yang menarik delman.

Gaya Pegas

Gaya pegas adalah gaya yang ditimbulkan oleh pegas atau benda-benda elastis. Gaya ini berupa tarikan (regangan) dan rapatan pada benda elastis tersebut. Karenanya, gaya pegas dapat disebut juga dengan gaya elastis. Contoh dari gaya pegas adalah olahraga panahan dan permainan katapel.

Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang timbul akibat adanya medan magnet. Gaya magnet dapat menarik benda-benda tertentu yang ada di sekitarnya.

Benda-benda yang dapat ditarik oleh gaya magnet disebut benda magnetis, biasanya berupa besi, baja, dan logam lainnya. Contoh dari gaya magnet adalah paku yang menempel di ujung magnet dan penggunaan kompas untuk menunjukkan arah utara.

Gaya Listrik

Gaya listrik adalah gaya yang timbul pada benda-benda yang memiliki muatan listrik. Contoh dari gaya listrik adalah benda elektronik yang dapat berfungsi karena adanya energi llistrik dan penggaris plastik yang dapat menarik serpihan kertas setelah digosokkan ke rambut kering.

Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda untuk menarik benda lain yang memiliki massa ke arah pusat benda tersebut.

Baca Juga :

Contoh gaya gravitasi adalah seluruh benda di atas permukaan bumi tetap melekat di permukaan dan benda-benda yang dilemparkan akan kembali jatuh ke arah pusat bumi.

Jenis-Jenis Gaya Fisika | ituseo | 4.5