Jenis, Fungsi dan Ciri Leukosit

By On Tuesday, April 9th, 2019 Categories : Biologi

Jenis, Fungsi dan Ciri Leukosit – Selain sel darah merah, sel darah yang juga dibutuhkan oleh manusia adalah sel darah putih. Sel darah yang tidak memiliki basis inti tetap serta tidak memiliki warna. Jumlah kubik di dalam setip sel darah putih terdapat 8.000 milimiter. Jika kurang dari jumlah itu, berarti kadar darah putih di dalam tubuh sedang tidak sehat.

Sela darah putih sendiri terbuat di area sumsum, limpa atau di dalam kelenjar getah bening. Sedangkan kekuatannya sangat terbatas. Bahkan para ahli menyatakan kalau kekuatan hidup sel darah putih berkisar hanya 8 hari saja. Nah, sel darah putih inilah yang disebut dengan istilah Leukosit.

Jenis Leukosit

  1. Monosit

Monosit merupakan sel darah putih yang jumlahnya sekitar 3% dari keseluruhan jumlah sel. Fungsinya adalah melakukan filterisasi tubuh terhadap serangan infeksi dari virus, bakteri maupun jamur. Jika ada bakteri di dalam tubuh yang hendak menyerang, maka sel ini akan memakannya hingga habis.

  1. Basofil

Basofil adalah sel darah putih yang jumlahnya hanya 0.001% saja. Walaupun begitu, leukosit jenis ini, memiliki kemampuan melemparkan dirinya keluar dari jaringan.

Leukosit jenis ini akan keluar jika tubuh mengalami alergi. Baik alergi karena makanan maupun karena suhu dan yang lainnya. Semakin kuat serangan alergi, basofil akan semakin bekerja mengeluarkan zat yang disebut histamin. Efeknya adalah pembuluh darah mulai membesar.

  1. Neutrofil

Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang jumlahnya mencapai 60% tubuh. Sel ini tergolong musuh pertama bagi serangan bakteri dan virus. Terutama benda asing yang akan mencoba melakukan peradangan di dalam tubuh.

Neutrofil di buat di dalam sumsum tulang. Dahsyatnya proses penciptaan bisa mencapai 100 miliar neutrofil perhari dan semakin kuat ketika anti inflamasi tubuh juga semakin sehat.

Fungsi Leukosit

Fungsi leukosit sangat banyak, diantaranya adalah:

  1. Menghancurkan sel kanker
  2. Melakukan revitalisasi sel yang lemah dan mati
  3. Menjadi antibiotik alami tubuh
  4. Mencegah terjadinya proses peradangan
  5. mengaktifkan imunitas
  6. Menghancurkan patogen tertentu
  7. Mencegah terjadinya alergi

Ciri Leukosit

Ciri-ciri sel darah putih adalah tidak berwarna, tidak mempunyai bentuk inti yang tetap, serta dapat menembus dinding arteri. Selain itu sel darah putih atau leukosit juga memiliki ciri-ciri berfungsi membunuh kuman dan ukurannya lebih besar dibandingkan sel darah merah.

Jenis, Fungsi dan Ciri Leukosit | ituseo | 4.5