Jenis, Cara Memainkan dan Sumber Alat Musik

By On Thursday, January 10th, 2019 Categories : Tips dan Trik

Mengenal Jenis – Jenis Alat Musik

Terkait dengan hal – hal tersebut di atas, sebagai orang awam, anda perlu mengenal tentang jenis – jenis alat musik yang didasarkan atas beragam objek, salah satunya adalah pengelompokan alat – alat musik berdasarkan atas bagaimana cara memainkannya, berdasarkan atas sumber bunyi dan fungsinya aransemen masing – masing.

Berdasarkan Atas Cara Memainkannya

  1. Alat musik ditiup, adalah seperangkap alat musik yang cara memainkannya adalah dengan cara ditiup. Contohnya adalah Harmonika, Tuba, Seruling, Flute, Bason, Horn, Terompet, Pianika, Recorder, Clarinet, Saksofon dan lain – lainnya.
  2. Alat musik digesek, adalah seperangkap alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contohnya adalah Rebab, Biola, Cello, Violin, Viola, Kontra Bas dan lain – lainnya.
  3. Alat musik petik adalah seperangkap alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Contohnya adalah Bas, Gitar, Mandolin, Banjo, Siter, Sasando, Ukulele, dan lain sebagainya.
  4. Alat musik pukul adalah seperangkap alat musik yang cara memainkannya adalah dengan cara dipukul. Alat musik pukul terdiri dari 2 jenis yaitu alat musik pukul bernada, contohnya Kulintang dan alat musik pukul tak bernada contohnya Gendang.
  5. Alat musik tekan adalah seperangkap alat musik dimana cara memainkannya adalah dengan cara ditekan. Contohnya adalah Piano.

Berdasarkan Atas Sumber Bunyi

  1. Aerophone adalah seperangkap alat musik yang sumber bunyinya keluar dari udara dengan cara bergetar ketika ditiup dan dipompa. Contohnya adalah Flute dan Seruling.
  2. Idiophone merupakan seperangkap alat musik yang memiliki sumber bunyi dari batangan – batangan logam / kayu yang dipukul / sumber bunyi yang keluar dari alat itu sendiri. Contohnya adalah Angklung atau Kulintang dan seperangkat Gamelan.
  3. Chordophone adalah seperangkap alat – alat musik yang sumber suaranya berasal dari ‘dawai’ melalui getaran yang dimainkan dengan cara dipetik, contohnya Gitar dan Harpa. Dengan cara digesek yaitu Biola dan Viola, serta dengan cara ditekan yaitu Piano.
  4. Membranophone adalah alat – alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran – getaran selaput tipis terbuat dari bahan kulit atau plastik dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya adalah Tamborin, Bedug, Rebana, Drum, Bongo dan yang lainnya.
  5. Elektrophone adalah alat musik yang bunyinya berasal dari serangkaian elektronika yang berada di dalam alat yang dimaksud. Melalui bantuan kecanggihan teknologi maka alat – alat musik yang bersangkutan akan mampu mengeluarkan suara yang enak didengar telinga. Contoh adalah Organ, Keyboard, Gitar Elektrik dan lain sebagainya.

Berdasarkan Atas Fungsi Masing – Masing Dalam Hubungannya Dengan pergelaran Alat Musik

Di dalamnya adalah alat musik melodis yang digunakan untuk memainkan serangkaian nada – nada / melodi sebuah lagu, contohnya adalah Saksofon dan Terompet. Alat musik ritmis adalah alat musik yang di dalam permainannya dapat memberikan irama – irama tertentu dalam sebuah pergelaran. Contohnya adalah Bass dan Drum. Terakhir adalah alat musik harmonis yaitu di dalam permainannya membawa paduan nada – nada tertentu dalam sebuah pergelaran. Contohnya adalah Gitar dan Piano.

Demikian kami menjelaskan tentang Jenis, Cara Memainkan dan Sumber Alat Musik, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Pengertian Aransemen

Jenis, Cara Memainkan dan Sumber Alat Musik | ituseo | 4.5