Cara Transfer Blog WordPress Dari Hosting Lama ke Hosting Baru

By On Thursday, August 11th, 2016 Categories : Blogging

Cara Transfer Blog WordPress Dari Hosting Lama ke Hosting Baru – Terkadang kita ingin memindahkan blog wordpress kita ke hosting lain dengan beberapa pertimbangan, lalu bagaimana cara transfer blog wordpress dari hosting lama ke hosting baru? Bagi para blogger, wordpress bukanlah hal yang baru lagi.

running

WordPress ini merupakan sebuah sumber yang terbuka atau dikenal dengan istilah open source yang banyak digunakan untuk mesin blog. Namun dalam perkembangannya, wordpress ini juga digunakan sebagai sebuah CMS. Pemograman yang digunakan dalam wordpress ini adalah PHP, sedangkan sistem basis data yang dimanfaatkan adalah MySQL.

Sebelum membahas mengenai cara transfer blog wordpress dari hosting lama ke hosting baru, kita akan membahas terlebih dahulu apa saja kelebihan dari wordpress. WordPress memang sebuah perangkat lunak yang gratis, namun wordpress ini memiliki banyak kelebihan, yaitu:

  1. Cara mengoperasikannya mudah.
  2. Banyaknya dukungan komunitas.
  3. Pengguna dapat dengan mudah memodifikasi tampilan dari wordress.
  4. Sifatnya multi user, artinya sebuah blog wordpress dapat digunakan banyak pengguna.
  5. Dengan proses ekstensi pengguna dapat meningkatkan kinerja dari wordpress tersebut, dan masih banyak lagi lainnya.
  6. Memiliki plugin yang cukup banyak dan juga terus berkembang.

Pindah dari hosting yang satu ke hosting yang lain tanpa memindah domain akan lebih mudah dibandingkan dengan pemindahan hosting yang juga memindahkan domainnya. Salah satu yang harus dipahami untuk melakukan pemindahan hosting dan juga domain adalah MySQL database.

Sayangnya tidak semua orang memahami hal tersebut. Itulah sebabnya banyak yang mengalami kesulitan dalam cara transfer blog wordpress dari hosting lama ke hosting baru.

Berikut ini adalah cara transfer blog wordpress dari hosting lama ke hosting baru:

  1. Backup terlebih dahulu blog yang akan dipindahkan, untuk wordpress yang perlu dibackup adalah .htacces, database, dan /wp-content.
  2. Menginstall wordpress pada hosting yang baru.
  3. Memindahkan semua data dan juga file dari hosting yang lama ke hosting yang baru, langkahnya adalah upload /wp-content, restore data base, mengganti user yang ada di database, dan update wp-config.php.

Baca Juga : Membuat Running Text Dalam Blog

Cara Transfer Blog WordPress Dari Hosting Lama ke Hosting Baru | ituseo | 4.5