Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tebu

By On Wednesday, March 13th, 2019 Categories : Biologi

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tebu – Tebu merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat utamanya masyarakat di Jawa Timur.

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tebu

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tebu

Hal ini disebabkan oleh progres tanaman tebu yang tergolong tumbuhan multifungsi karena semua unsur tanamannya bermanfaat bagi kehidupan. Bukan itu saja, tanaman tebu juga tergolong komoditas ekspor yang dihargai mahal.

Akan tetapi, tehnik membudidayakan tanaman tebu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi tanaman ini begitu rentan terhadap serangan hama dan penyakit.

Atas dasar itulah pada artikel berikut ini kami coba menjelaskan cara mengendalikan hama dan penyakit tanaman tebu.

Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tebu

Pengendalian hama tanaman tebu tidak boleh sembarangan. Biasanya tehnik pengendalian disesuaikan dengan jenis dan bentuk hama yang menyerang. Ini dia penjelasan lengkapnya.

  1. Pengendalian Hama Penggerek

Hama tanaman tebu ada yang disebut dengan istilah hama penggerek. Hama ini bekerja untuk merusak pucuk dan batang tanaman yang masih muda. Untuk mengatasi hama ini anda bisa menggunakan jatiroto atau menyemprotkan produk anti hama yang mengandung Tricogramma Sp.

  1. Pengendalian Hama Tikus

Hama tikus tidak hanya menyerang tanaman tebu tetapi juga menyerang tanaman lain seperti padi, sawi, jagung dan singkong. Untuk pengendaliannya, anda bisa memelihara binatang tertentu yang menjadi musuhnya seperti memelihara kucing.

  1. Pengendalian Uret Tanah

Uret tanah merupakan hama tanaman tebu yang berbentuk huruf C. Jenis hama ini sangat banyak diantaranya ialah Psilopholis Sp, Pachnessa nicobarica dan Leucopholis rorida. Kesemuanya bisa merusak tanaman tebu yang sudah siap panen.

Untuk mengendalikan tanaman ini anda bisa menyemprotkan pestisida kategori ringan seperti CR Chlorpyritos. Selain itu, anda juga bisa memusnahkan secara manual dengan cara mengumpulkan hama untuk dibunuh.

  1. Penyakit Dongkelan

Penyakit dongkelan adalah penyakit tanaman tebu yang ditularkan oleh jamur tertentu. Jika tanaman tebu diserang penyakit ini, daun langsung mengering yang menandakan tanaman tebu akan segera mati.

Cara mengendalikan penyakit ini adalah melakukan tindakan pengeringan lahan sebelum penanaman di lakukan. Proses pemanasan alami ini bisa membuat jamur tersebut mati dengan sendirinya.

Itulah cara pengendalian hama dan penyakit tanaman tebu yang bisa dicoba. Semoga tanaman tebu yang anda tanam bisa panen berlimpah dan sehat.

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tebu | ituseo | 4.5