Cara Mudah Menguji Website Sebelum Dipublikasikan

By On Saturday, June 18th, 2016 Categories : Blogging

Cara Mudah Menguji Website Sebelum Dipublikasikan – Setelah semua tahapan pembuatan website selesai dikerjakan, langkah selanjutnya adalah menguji coba kinerja website tersebut secara keseluruhan sebelum dipublikasikan atau tersambung (online) menggunakan pendaftaran pada server atau hosting.

Sehingga Anda dapat mengetahui, apakah bagian-bagian pada website yang baru saja dibuat bekerja atau tidak. Dengan begitu, jika terdapat kekurangan atau terdapat beberapa bagian yang tidak bekerja dapat segera diperbaiki.

u

Berikut beberapa hal yang harus diuji, sebelum website dipublikasikan :

Code Quality

Pengujian code quality adalah pemeriksaan kualitas kode HTML yang digunakan pada website tersebut. Yang terdiri atas dua pemeriksaan, yaitu validasi HTML dan validasi huruf serta gambar. Validasi HTML berfungsi untuk mengetahui apakah HTML sesuai dengan standar W3C.

Sebagai catatan, untuk melakukan pengujian validasi HTML menggunakan aplikasi web authoring dan HTML editor. Karena kedua aplikasi tersebut, sudah teruji dan hasilnya paling akurat.

Sedangkan validasi huruf dan gambar berfungsi untuk mengetahui font yang digunakan serta mengetahui format gambar apakah sesuai dengan standart.

Proses ini akan menguji apakah foto yang digunakan menggunakan format JPG dan tombol menggunakan format GIF yang memiliki ukuran terkecil. Tidak lebih dari 50 kb, namun memiliki kualitas tampilan terbaik.

Compatibility

Pengujian compatibility merupakan pemeriksaan website yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu;

  • Pemeriksaan apakah website tersebut support atau mendukung dengan perangkat keras, (hardware) seperti microprocessor, memory, vga, mouse, keyboard, speaker, dan perangkat tambahan lainnya.
  • Pemeriksaan apakah website dapat dibuka menggunakan berbagai sistem operasi seperti windows, linux, android, unix, OS/2, Mobile Os, Symbian, Mac Os, dan lain sebagainya.
  • Pemeriksaan apakah website dapat menampilkan laman secara utuh saat dibuka menggunakan aplikasi browser seperti Chrome, Opera, Mozilla, Internet Explore, dan aplikasi lainnya.

Navigasi

Pengujian navigasi merupakan pemeriksaan seluruh tampilan yang sudah dibuat dan akan ditampilkan pada website.

Sehingga Anda dapat mengetahui apakah link yang disediakan sudah menuju ke halaman yang benar dan mengetahui apakah fasilitas pencarian dapat berjalan dengan semestinya.

Interaction

Pengujian interaction berfungsi untuk mengetahui proses interaksi antara website dengan pengunjung apakah berjalan atau tidak. Seperti pengujian penampilan pesan kesalahan, ketika pengunjung salah saat memasukan data.

Usability dan Acessibility

Tahapan ini merupakan pengujian untuk mengetahui apakah situs mudah diakses dan sedah memenuhi kriteria yang diinginkan oleh pengunjung.

Performance

Tahapan ini berfungsi untuk mengetahui kinerja website, apakah berfungsi dengan baik pada berbagai kondisi dan situasi. Seperti apakah file atau konten dapat di unduh menggunakan kecepatan modem dibawah 50 kbps.

Selain itu, tujuan melakukan pengujian kinerja untuk mengetahui seberapa batas maksimal pengunjung.

Scalability

Yaitu suatu pengujian batas maksimal melakukan pengembangan website untuk mengikuti perkembangan teknologi di masa depan.

Reliability

Pengujian reliability berfungsi untuk mengetahui kondisi kerja terberat sistem pada website, dengan menggunakan data yang besar dan mengujinya saat website tersebut sedang sibuk atau banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Sehingga, Anda dapat mengetahui apakah website tersebut masih berjalan dengan normal atau tidak.

Post Implementation

Proses pengujian ini, berfungsi untuk mengetahui apakah penempatan website sudah tepat dan benar sesuai dengan posisinya.

Cara Mudah Menguji Website Sebelum Dipublikasikan | ituseo | 4.5
    rails

    ruby