Cara Menghindari Sistem Pendeteksian Spam Dari Google dengan Mudah

By On Friday, August 5th, 2016 Categories : Blogging

Cara Menghindari Sistem Pendeteksian Spam Dari Google dengan Mudah – Apabila ditanya, apa yang paling ditakutkan oleh para blogger terkait dengan eksistensi blognya? Tentu saja jawabnya sudah pasti algoritma dari mesin pencari yang mendeteksi sistem kecurangan pada sebuah blog.

gmail

Memang, sistem pendeteksian blog yang mengandung spam atau konten terlarang lainnya berbeda-beda pada setiap mesin pencarian. Adapun biasanya yang paling ditakuti adalah sistem pendeteksian dari search engine “Google” yang merupakan search engine favorit dari para blogger karena kemampuannya mendatangkan pengunjung dalam jumlah banyak dibanding search engine lainnya.

Adapun nama dari sistem itu sendiri adalah Automated Spam Classification System atau juga sering disebut sebagai ASC, merupakan sekumpulan algoritma yang berfungsi untuk mengenali dan mendeteksi adanya kecurangan atau spam pada sebuah blog, dimana dianggap bisa membahayakan pengunjung internet lainnya.

Ketika blog kita sampai terdeteksi oleh sistem ini, sudah pasti jangan lagi berharap blog kita akan tampil pada halaman pencarian sebuah mesin pencari bahkan ketika kata kunci yang di ketikkan pada search engine adalah nama domain blog kita.

Tentu hal ini akan sangat merugikan dan membuat kesal, apalagi bila ternyata blog yang kita buat tersebut sudah berusaha dibuat dengan sebaik mungkin dengan mengindahkan semua ketentuan yang ditetapkan oleh pemilik mesin pencarian. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara yang tepat untuk menghindari sistem pendeteksian tersebut seperti misalnya:

  • Penyebab utama dari terdeteksinya blog oleh sistem tersebut adalah adanya pelanggaran kebijakan konten, jadi usahakan agar tidak ada ketentuan yang dilanggar pada saat pengelolaan blog,
  • Hindari pengarahan kepada situs atau link yang berbahaya. Biasanya ini bisa terjadi karena ulah hacker atau pemilik blog tidak menyadari bahwa link yang ditampilkan ternyata mengandung malware berbahaya,
  • Jangan sekali-kali menggunakan tehnik black SEO untuk memaksimalkan blog Anda, karena pada dasarnya menggunakan tehnik white SEO saja kita masih beresiko terkena sistem ini apalagi dengan tehnik black.

Memang pada situs resminya, untuk mesin pencarian Google telah mencoba memberikan solusi bila ternyata blog Anda terdeteksi oleh sistem ini.

Biasanya solusinya adalah dengan mengirimkan email kepada tim Google, bahwa blog milik kita telah menaati ketentuan yang berlaku serta permintaan maaf bila ternyata memang ada ketentuan yang telah kita langgar. Namun lamanya respon dan penanganan terhadap aduan seperti ini, tentu sering membuat blogger patah hati dan tidak melanjutkan kembali pengelolaan blognya.

Untuk itulah, sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pengelolaan blog apalagi jika sudah berhubungan dengan optimasi blog. Cara yang terlalu gencar bisa bermasalah, namun bila tidak terlalu gencar kita juga akan kalah peringkat dari blog-blog lainnya.

Jalan satu-satunya adalah dengan senantiasa membaca dan memahami ketentuan yang berlaku sehingga tidak ada pasal atau aturan yang kita langgar dalam mengoptimalkan blog kita.

Baca Juga : Pengalaman Menggunakan Hosting Dalam dan Luar Negeri

Cara Menghindari Sistem Pendeteksian Spam Dari Google dengan Mudah | ituseo | 4.5