Cara Budidaya Tanaman Kunyit

By On Tuesday, April 16th, 2019 Categories : Biologi

Budidaya Tanaman Kunyit – Kunyit, atau Curcuma longa adalah tanaman berbunga dari family Zingiberaceae. Sering digunakan sebagai rempah-rempah dan obat asli dari hampir seluruh wilayah di Asia Tenggara.

Cara Budidaya Tanaman Kunyit

Cara Budidaya Tanaman Kunyit

Kunyit dapat digunakan baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit dikenal dengan berbagai nama lokal di seluruh Indonesia, misalnya janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), dan konyet (Madura).

Cara budidaya kunyit cukup mudah untuk dilakukan. Dengan catatan penangan dan perawatan yang benar harus dilakukan. Berikut merupakan langkah demi langkah budidaya tanaman kunyit:

  1. Memilih bibit kunyit

Bibit yang berkualitas baik akan memberikan hasil panen yang baik pula. Kriteria bibit kunyit yang baik antara lain; berasal dari tanaman yang sehat; terhindar dari penyakit dan hama; berasal dari tanaman kunyit yang berusia 7-12 bulan; ukuran, bentuk, dan warnanya sama; serta pernah mengalami dormansi atau pengistirahatan sebelum ditanam.

  1. Menyemai bibit kunyit

Penyemaian di sini dilakukan agar bibit dapat tumbuh secara maksimal, lebih mudah dikontrol, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Lakukan penyemaian meletakkan bibit di tempat bersuhu 25-28 derajat celsius, kemudian angin-anginkan bibit selama 1-1,5 bulan. Jangan lupa untuk menyiram bibit 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Cara lainnya adalah dengan merendam bibit tanaman kunyit dalam larutan ZPT selama 3 jam, kemudian diamkan selama 1 bulan hingga tumbuh tunas dan siap ditanam.

  1. Mengolah media tanam

Siapkan lahan paling tidak 30 hari sebelum penanaman. Bersihkan lahan dari gulma dan gemburkan menggunakan cangkul atau alat mekanik lainnya hingga kedalaman 40 cm. Beri pupuk kandang kering agar tercampur lebih rata. Setelahnya, buat bedengan dengan ukuran lebar 60-100 cm, tinggi 25-50 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. Pastikan drainase di sekitar bedeng berfungsi dengan baik.

  1. Menanam kunyit

Letakkan bibit kunyit yang telah disiapkan di dalam lubang berukuran 5-10 cm dengan mata tunas menghadap ke atas. Tanaman kunyit paling baik ditanam di awal musim hujan dan dipanen di awal kemarau.

  1. Merawat tanaman kunyit

Agar tanaman kunyit tumbuh dengan sehat dan hasil panennya maksimal, lakukan perawatan berikut ini.

  • Penyulaman

Yaitu mengganti tunas yang mati atau tidak tumbuh dengan tunas baru. Tetapi perlu diingat bahwa penyulaman hanya dilakukan pada tanaman yang berumur 1 minggu kurang agar masa pertumbuhan kunyit seragam.

  • Penyiangan

Lakukan penyiangan agar proses penyerapan unsur hara dan penyerapan air di dalam tanah oleh tanaman kunyit tidak terganggu gulma atau tanaman lain. Penyiangan biasanya dilakukan ketika tanaman kunyit berumur 2 minggu, atau sesuaikan dengan kondisi lahan.

  • Pembubunan

Lakukan pembubunan setiap 3-4 bulan sekali dengan menimbun kembali tanah yang terbawa oleh air di sekitar bedengan. Perakaran yang baik berarti pertumbuhan tanaman juga baik.

  • Pemupukan

Terdapat 2 jenis pupuk yang dapat digunakan, yaitu pupuk organik dan pupuk konvensional. Pupuk organik seperti pupuk kandang digunakan sebagai pupuk dasar. Kemudian ketika tanaman berumur 2-4 bulan, berikan pupuk susulan berupa campuran pupuk kandang dan pupuk buatan (TSP, urea, ZK, dan K20) untuk meningkatkan hasil panen. Selain itu, pupuk nitrogen dan pupuk P juga sering digunakan.

  • Pengairan dan penyiraman

 Tanaman kunyit pada dasarnya tidak tahan terhadap air. Atur drainase dengan cermat, karena rimpang kunyit dapat membusuk jika tergenang air.

  1. Memanen kunyit

Panen dapat dilakukan pada tanaman kunyit yang berumur 7-8 bulan. Namun ada pula yang mengatakan bahwa paling baik dipanen pada umur 11-12 bulan. Ciri tanaman kunyit panen adalah perubahan warna daun dari hijau menjadi kuning, dan gugurnya daun kedua. Gunakan cangkul atau garpu untuk memanen. Bongkar bagian daun dan batang sebelum memanen rimpangnya dengan membongkar bedeng. Setelah dicangkul keluar, bersihkan rimpang dari tanah dan masukkan ke karung agar tidak rusak.

Cara Budidaya Tanaman Kunyit | ituseo | 4.5