Bagaimana Cara Membuat Navigasi Breadcrumb?

By On Friday, August 26th, 2016 Categories : Blogging, Ilmu SEO

Bagaimana Cara  Membuat Navigasi Breadcrumb – Dalam salah satu ketentuan TOS (Term of Service) dari beberapa mesin pencari, biasanya sebuah blog selalu dituntut untuk dapat memberikan site map yang jelas atas konten yang terkandung dalam blog tersebut.

bruc

Adapun caranya adalah dengan memberikan navigasi yang jelas dalam blog tersebut, sehingga setiap pengunjung bisa mendapatkan kemudahan untuk menjelajahi keseluruhan isi blog. Bentuk dari navigasi itu sendiri, diantaranya adalah dengan memberikan “breadcrumb”, dimana fungsi utamanya adalah sebagai petunjuk atau navigasi tentang sebuah konten artikel.

Apabila anda belum begitu mengenal istilah breadcrumb, mungkin Anda pernah melihat dalam sebuah blog tepatnya ada diatas judul satu artikel, terdapat menu navigasi, yang menjelaskan bahwa artikel tersebut masuk dalam kategori apa dalam blog tersebut.

Biasanya bentuk navigasi ini dilambangkan dengan simbol vertical bar atau garis lurus vertikal (|), angle quotation mark (») dan juga simbol greater than alias lebih besar dari (>). Penggunaannya pun juga tergantung dari pemilik blog, lebih menyukai yang mana, dan sesuai dengan yang mana.

Adapun fungsi dari breadcrumb itu sendiri, seperti dijelaskan diatas, utamanya adalah sebagai alat navigasi. Adapun lebih jelasnya biasanya istilah ini difungsikan untuk:

  • Menjelaskan keberadaan artikel tersebut pada kategori apa dalam blog tersebut. Ini nantinya bisa membuat pengunjung tertarik untuk mengetahui tentang isi dari keseluruhan kategori tersebut,
  • Mampu menambah peringkat SEO terhadap blog yang menggunakannya. Seperti yang disebutkan diatas bahwa karena dalam salah satu TOS mesin pencari khususnya Google memang mensyaratkan pemberian site map yang jelas, maka abreadcrumb ini merupakan solusi yang bisa digunakan.

Membuat navigasi ala breadcrumb itu sendiri sebenarnya cukup mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan kategori utama, sub kategori, baru masuk ke artikel, ketika kita memulai penataan sebuah blog.

Dengan begitu setiap artikel seperti memiliki direktori yang jelas dan mudah ditelusuri. Sedangkan untuk membuat navigasi breadcrumb sendiri, langkahnya adalah:

  1. Pilih menu layout, setelah berhasil login ke halaman Blogger Anda, dan klik “edit HTML”,
  2. Dari sini Anda harus membuka setiap atribut css dengan mencentang fungsi “Expand Widget Template”
  3. Setelah terlihat setiap kode script css, carilah bagian yang mengatur title artikel, lalu tambahkan kode script untuk breadcrumb,
  4. Tambahkan kode breadcrumb yang diinginkan. Biasanya untuk simbol “»” dituliskan dengan script “&#187”, sedangkan untuk simbol “>” ditulis dengan script “&lt”,

Setelah selesai, tinggal klik “save” dan halaman dengan navigasi breadcrumb sudah bisa dinikmati. Contoh diatas, bisa dilakukan hanya bila menggunakan template dari blog dari Blogger.com, sedangkan bila kita ingin menggunakan template dari wordpress tentu akan berbeda langkahnya.

Namun pada dasarnya, apapun jenis template kita semuanya bisa menggunakan navigasi breadcrumb ini dan kemudian merasakan manfaatnya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Posisi Blog Di Google

Bagaimana Cara Membuat Navigasi Breadcrumb? | ituseo | 4.5